Senin, 12 Juni 2017

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci Karena Lupa Password


Isu keamanan memang menjadi hal yang sangat penting bagi para pengguna smartphone. Untuk membuat perangkat Android lebih aman, Google sendiri telah melengkapi fitur keamanan baru sejak pada Android 5.0 Lollipop yang disebut Factory Reset Protection (FRP). Di mana ketika kamu ingin melakukan factory reset pada sebuah smartphone Android, dibutuhkan sebuah password yang sebelumnya telah kamu ditetapkan.

Tentunya fitur ini sangat berguna, apalagi ketika smartphone hilang karena dicuri orang. Biasanya pencuri tinggal melakukan factory reset, sebelum menjual perangkat curiannya. Namun fitur Factory Reset Protection ini mampu mengunci atau memblokir smartphone setelah mencoba melakukan factory reset secara paksa. Smartphone tidak akan dapat digunakan sebelum memverifikasi ulang kepemilikan dengan akun Google yang sebelumnya digunakan pada smartphone.

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci Karena Lupa Password
Dalam kasus ini JalanTikus akan membahas terutama buat kamu yang memiliki perangkat Samsung yang sudah mendukung fitur FRP dan memang sengaja ingin melakukan factory reset. Tujuannya agar perangkat kembali normal, misalnya ada beberapa yang error karena habis root dan mengotak-atik sistem.

Bukannya masalah kelar tapi setelah smartphone melakukan restart, kamu diwajibkan verifikasi akun Google yang parahnya kamu lupa kata sandi akun kamu. Atau mungkin buat kamu yang habis beli smartphone second dan kamu bahkan tidak tahu sama sekali akun Google yang sedang digunakan di perangkat tersebut. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Bypass Verifikasi Akun Google via OTG

Masalah ini sering sekali terjadi pada smartphone yang telah menjalankan OS Android Lollipop 5.1 atau lebih tinggi. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan men-disable atau bypass verifikasi akun Google supaya bisa lolos verifikasi. Cara bypass akun Google pada smartphone Android Samsung Galaxy sendiri ada 3 metode. Di antaranya dengan metode OTG, metode Sidesync (PC/komputer), dan cara ekstrem. Di sini JalanTikus akan bahas dengan metode OTG. Seperti yang dilansir dari DroidViews, smartphone yang terblokir harus support OTG.

2. Langkah-Langkah

Beberapa yang perlu kamu sediakan adalah Flashdisk, kabel OTG, dan hotspot / jaringan WiFi aktif. Jadi pastikan smartphone terhubung dengan internet. Berikut langkah-langkahnya:


  1. Download aplikasi Bypass Google Account untuk perangkat Samsung di sini dan simpan ke Flashdisk.
  2. Matikan smartphone dan masuk ke menu recovery dengan menggunakan kombinasi tombol Home + Volume Up + Power. bypass samsung 3
  3. Setelah layar menyala, lepaskan tombol Power, tapi tetap tekan tombol Home dan tombol Volume atas.
  4. Setelah masuk ke menu recovery, lakukan factory reset. bypass samsung 4
  5. Setelah perangkat di-format dan dihidupkan, kamu akan melihat setup wizard. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan oleh Wizard sampai smartphone meminta kamu untuk memasukkan rincian akun Google yang tidak kamu ingat.
  6. Sekarang sambungkan smartphone dengan flashdisk melalui kabel OTG
  7. Perangkat akan meluncurkan file explorer meskipun dalam proses setup.
  8. Kemudian cari file aplikasi Bypass yang sudah di-download tadi.
  9. Install aplikasi Bypass dengan cara klik file aplikasi Bypass dan apabila muncul dialog Install blocked, klik Settings dan akan dibawa masuk ke halaman Security settings. Pada halaman ini ceklist Unknown sources (sumber tidak diketahui), klik Ok dan Install. bypass samsung 5
  10. Setelah selesai install langsung, langsung buka aplikasi tersebut dan kamu akan dibawa masuk ke pengaturan perangkat.
  11. Di sini kamu harus lakukan factory reset lagi, pilih menu backup and reset, factory data reset, reset device, dan Erase everything. 
  12. Smartphone secara otomatis restart untuk proses penghapusan data.
  13. Ketika restart, lepaskan kabel OTG. Kemudian lakukan aktivasi sesuai petunjuk yang diberikan dengan klik Next, Skip, dan Finish.

Sekarang kamu tidak akan menemui verifikasi akun Google lagi.
Gimana sangat mudah bukan? Semoga artikel ini membantu kamu dan jangan disalahgunakan ya informasi berharga ini. Apa pendapat kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar