Rabu, 27 Juli 2016

Perkuat Saingan, Semen Indonesia Tambah Kepemilikan di Aceh

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menambah kepemilikan di salah satu entitas usahanya, PT Semen Indonesia Aceh dengan menggelontorkan dana sebesar Rp58,2 miliar.


Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto menyatakan perseroan telah membeli 58.200 saham yang dimiliki PT Samana Citra Agung dalam Semen Indonesia Aceh. Pembelian itu membuat kepemilikan Semen Indonesia dalam Semen Indonesia Aceh menjadi 95.690 saham yang merupakan 24,34 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor.

“Semen Indonesia berencana membeli saham milik Samana Citra dalam Semen Indonesia Aceh dan menambah setoran modal dalam bentuk uang secara bertahap hingga kepemilikan saham menjadi mayoritas, minimum sebesar 80 persen,” jelasnya dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesiam, Selasa (28/6).

Ia menambahkan, tidak ada hubungan afiliasi antara Semen Indonesia dengan Samana Citra. Atas dasar hal tersebut, Perseroan tidak perlu memenuhi prosedur transaksi afiliasi sesuai peraturan.

Sebelumnya, Semen Indonesia berencana melepas saham (divestasi) salah satu anak usahanya untuk menambah kas perusahaan demi ekspansi. Namun, perusahaan belum http://www.daftarhargabaru.com/ memutuskan anak usaha mana yang akan dilepas sahamnya.

Meski akan melepas sebagian saham salah satu anak perusahaannya, Semen Indonesia tetap akan menjadi pemegang saham mayoritas. Selain itu, pelepasan tersebut nantinya juga hanya bersifat sementara. Di mana hanya berlaku 8-10 tahun.

"Kami pakai anak usaha, divestasi. Tapi kami tetap saham mayoritas anak usaha. Sebagian yang tidak mayoritas kami tawarkan, belum ditentukan mana yang dilepas. Kalau kami mayoritas ya minimal 51 persen," kata Direktur Keuangan Semen Indonesia, Darmawan Junaidi, Jumat (10/6).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar