Minggu, 03 Juli 2016

4 Trik Agar Izin Cuti Liburan Disetujui Bos


Cuti memang merupakan hak dan diperlukan oleh karyawan. Penelitian juga telah membuktikan bahwa karyawan yang baru kembali dari cuti biasanya meningkat produktifitasnya sampai 30 persen.

Nah, kalau memang ternyata perlu dan sudah menjadi hak karyawan, maka kita tidak perlu ragu untuk mengambil hak cuti kita.

Namun, supaya pihak kantor menerima pengajuan cuti, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengajukan cuti ke pihak kantor.

1. Ikuti aturan main kantor

Kamu jangan malas membuka buku peraturan kantor terkait pengajuan cuti. Periksa apakah kamu memenuhi syarat untuk mengajukan cuti, berapa jatah waktu cuti seorang karyawan, dan aturan resmi lainnya.

Namun, jangan lupa juga untuk mencari tahu aturan informal yang berlaku di kantor. Misalkan apakah ada faktor senioritas dalam mengajukan jadwal cuti, dan semacamnya.

Dengan mengetahui aturan formal dan informal, akan banyak membantumu untuk mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk pengajuan cuti ke kantor.

Selain itu, jangan ajukan cuti terlalu mendadak juga ya. Ikuti saja aturan main yang berlaku di kantor kamu.

2. Selesaikan tanggung jawabmu terlebih dahulu

Yang namanya cuti, berarti kita akan menghilang dari kantor selama beberapa hari, tentunya berarti akan ada tugas yang tidak bisa kita lakukan selama kita cuti.

Agar sistem di kantor tetap berjalan dengan baik, walaupun kita tidak ada, sebaiknya lakukanlah persiapan delegasi tugas sebelumnya kepada rekan kantor yang akan menggantikan kita selama cuti.

Selain itu, akan lebih baik juga bila kita telah menyelesaikan semua pekerjaan kita yang tertunda sebelum cuti, sehingga ketika kita cuti, semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita telah selesai dan pikiran kita tidak terganggu dengan pekerjaan.

3. Pilih situasi dan kondisi yang tepat

Ini adalah poin yang sangat memengaruhi suksesnya pengajuan cuti kamu. Kamu harus melihat situasi dan kondisi dari kantor kamu ketika kamu mengajukan cuti.

Apakah load pekerjaan sedang tinggi-tingginya atau kondisi perusahaan sedang tidak stabil. Kalau sedang dalam kondisi dan situasi yang tidak baik, rasa-rasanya tidak etis bila kamu mengajukan cuti untuk liburan dan melakukan liburan.

Lihat juga kondisi hati si bos, pengajuan cuti akan lebih bisa diterima bila suasana hati si bos sedang baik dan senang.

4. Ajukan cuti di waktu yang tepat

Ambil jatah cuti di saat orang lain tidak mengambil saat cuti yang sama.

Saat-saat liburan atau hari kejepit biasanya adalah waktu dimana banyak pengajuan cuti yang diajukan ke bagian kepegawaian, sehingga kalau bagian kepegawaian kantor kamu mengenal sistem kuota, maka pengajuan cuti kamu sedikit kemungkinan akan disetujui.
Artikel Tips Lainnya : 
  1. Cara Setting Internet XL
  2. Cara Setting Internet Telkomsel
Jadi, ada baiknya kalau kamu mengajukan cuti pada saat hari-hari dimana tidak banyak orang yang melakukan cuti berjamaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar