Kamis, 16 Juni 2016

Ternyata Manusia Hobbit Ada di Flores

Kisah Hobbit mungkin hanya ada di dunia khayal yang berhasil diwujudkan dalam sebuah film. Ketenaran kisah science fiktif ini kemudian menginspirasi pelaku pariwisata di kota Bandung untuk membuat taman serupa.

Tapi siapa sangka, di bagian Indonesia Timur terdapat sebuah Keramik Essenza kawasan yang dihuni orang-orang berpostur tubuh kecil. Ya, di Flores khususnya di desa Liang Bua masih menyisakan jejak penemuan manusia purba 'Homo Floresiensis'.

Menurut masyarakat sekitar, postur tubuh yang kecil merupakan bukti bahwa mereka merupakan keturunan manusia kerdil Flores. Dengan tinggi tubuh yang hanya mencapai 100 cm, mereka biasanya hanya berbobot sekitar 25 kg.

Liang Bua dalam bahasa Manggarai berarti Lubang Sejuk yang memiliki panjang 25 meter, dengan lebar 40 meter serta tinggi 25 meter. Bahkan menariknya lagi, di gua yang relatif sempit ini, masyarakat dulu pernah memakainya sebagai tempat ibadah dan sekolah.

Pada tahun 1930 para Arkeolog Belanda sudah melakukan Daftar Paket SMS Smartfren penelitian di tempat ini. Mereka menyebutkan telah menemukan fosil manusia kerdil pada jarak kedalaman gua sekitar lima meter. Sedangkan fosil binatang sedikit agak masuk ke dalam mencapai 10 meter.

Untuk mencapai tempat ini, wisatwan harus berkendara sekitar 40 menit dari pusat kota Ruteng. Menarik sekali bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar